Dapatkah Keguguran Di Cegah?


Oleh suririnah

Apakah keguguran dapat dicegah?… Pendarahan pada kehamilan awal akan mencemaskan para calon ibu, sebenarnya apakah keguguran itu, dan dapatkah dicegah?
Keguguran adalah pengeluaran hasil konsepsi pada kehamilan sebelum janin mampu untuk hidup, biasanya pada kehamilan 20-24 minggu.

Kebanyakan keguguran terjadi pada kehamilan sebelum 12 minggu. Pada kehamilan 12 minggu jika detak jantung janin di dengar Normal atau kehamilan normal dilihat dengan USG, kemungkinan untuk terjadinya keguguran menurun menjadi 1%.

Kebanyakan keguguran, terutama yang terjadi pada trimester pertama kehamilan, tidak dapat dicegah, karena kebanyakan disebabkan oleh kelainan kromoson pada fetus atau perkembangan fetus yang abnormal.

Jika anda mengalami pendarahan atau bercak darah atau kram perut, beritahukan dokter anda, dan diskusikan kegiatan aktivitas anda dengan dokter anda.

Anda akan dianjurkan untuk Istirahat Tidur (bedrest), sebagai istirahat panggul andasehingga mengurangi kemungkinan keguguran (walaupun belum ada bukti penelitian yang menunjukkan bedrest dapat menolong). Jangan mencuci/mensemprot vagina dengan obat cuci vagina, memberi tampon ataupun hubungan seksual selama perdarahan berlangsung.

Tetapi tenangkan pikiran anda , karena pendarahan sering terjadi pada awal kehamilan dan sebagian dari wanita yang mengalami pendarahan selama trimester pertama kehamilannya dapat tetap melanjutkan kehamilannya dan melahirkan bayi yang sehat.

© Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: