Tips Cara Praktis Tambah Serat


Serat sangat penting dikonsumsi agar sisa makanan dalam usus mudah terangkat. Untuk menkonsumsi serat ternyata tidak sulit. Dengan sedikit trik, bukan hanya hidangan lezat tetapi kaya serat juga bisa Anda nikmati. Coba saja ikuti trik praktis ini!

Soal khasiat serat untuk kesehatan, hampir tiap orang tahu. Serat bisa mencegah diabetes, kegemukan, kadar kolesterol tinggi dan bisa membuat tubuh lebih cepat langsing. Untuk mengkonsumsi serat yang cukup dalam konsumsi per hari. Misalnya untuk wanita dianjurkan mengkonsumsi 21 g – 25 g serat per hari. Tak perlu harus makan nasi merah atau semangkuk sayuran. Coba saja ikuti 6 trik di bawah ini:

Plus Cokelat
Tambahkan saja 1 sendok makan cokelat bubuk yang mengandung 2 gram serat dalam smoothies buah.  Tetapi jangan memakai cokelat blok yang manis dan jangan menambahkan gula lagi. Smoothies jadi enak dan Anda dapat tambahan serat.

Taburkan Jamur
Untuk sup krim yang lembut gurih, tumis jamur shitake atau champignon hingga layu lalu taburkan ke atas sup. Sup jadi enak dan tiap 30 g jamur akan ada tambahan 3 g serat.

Tambahkan Edamame
Suka sayuran tumis? Tmabahkan saja edamame (kedelai Jepang) rebus. Rebus edamame lalu keluarkan bijinya dan tambahkan dalam sayuran tumis. Edamame yang kaya folate ini tiap ½ mangkuk memberi 4 gram serat.

Tambahkan Oat Pada Burger
Saat membuat burger atau galantine atau meatloaf,  tepung roti kasar dan halus, bisa diganti dengan tepung oat jenis rolled oat yang kasar. Selain rasanya lebih gurih, tiap 2/3 mangkuk oat akan memberi tambahan 5.5 gram serat. Oat juga baik untuk penderita diabetes dan kolesterol tinggi.

Buat Kulit Pie dari Tepung Oat
Gantilah pemakaian tepung terigu biasa dengan oatmeal. Pie labu parang akan makin sehat. Labu parang memberi tambahan 2.5 g serat demikian juga oatmeal.

Taburi Pancake dengan Wheat Germ
Sering membuat pancake? Cobalah taburi pancake dengan wheat germ bubuk yang banyak dijual di pasar swalayan. Tiap setengah mangkuk akan membeir tambahan 4 gram serat. What germ bisa ditaburkan pada cake atau adonan kue lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: