Beginilah Bentuk Bayi yang Baru Lahir


Beberapa bayi yang baru lahir kadang terlihat lucu dengan bentuk kepala atau badannya yang ‘aneh’. Kenapa bayi yang baru lahir memiliki bentuk badan yang unik?

Bentuk unik bayi yang baru lahir itu biasanya memiliki bentuk kepala lonjong, alat kelamin yang membengkak atau kulit yang terlihat seperti keriput.

Seperti dikutip dari Babycenter, Kamis (2/12/2010) ada beberapa penyebab tubuh bayi yang baru lahir terlihat unik, yaitu:

Kepala
Jika bayi dilahirkan melalui vagina atau normal, maka kepala bayi mungkin terlihat agak lonjong atau disebut molding. Kondisi ini terjadi akibat dorongan saat bayi berusaha keluar melalui jalan lahir atau akibat penggunaan alat bantu forcep dan vakum.

Tapi bentuk kepala akan kembali normal sekitar satu minggu kemudian. Sedangkan bagi bayi yang lahir melalui operasi caesar umumnya memiliki bentuk kepala bulat bagus karena tidak mendapat tekanan saat keluar.

Lengan dan kaki
Setelah menghabiskan waktu lama meringkuk di dalam rahim yang sempit, maka bayi butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan kebebasannya. Karenanya lengan dan kaki mungkin agak terlihat bengkok dalam beberapa hari pertama, tapi lengan dan kaki akan melurus dalam waktu 1-2 minggu.

Perut
Bayi akan kehilangan sedikit berat badannya pada minggu pertama, tapi akan meningkat lagi di minggu kedua dan pada bulan-bulan berikutnya perut si kecil akan cepat terisi. Dan ususnya belum sempurna karena masih terdapat pori-pori, biasanya pori-pori ini akan tertutup sempurna oleh cairan dari air susu ibunya.

Tapi setelah 10-14 hari tali pusat akan copot dan meninggalkan bentuk pusar yang menggemaskan.

Alat kelamin dan payudara
Alat kelamin dan payudara anak laki-laki dan perempuan yang baru lahir sering terlihat membengkak, hal ini karena kelebihan dosis hormon sebelum kelahiran.

Selain itu mungkin akan keluar sedikit cairan dari puting susu, tapi jangan mencoba memeras karena cairan ini tidak berbahaya dan akan mengering sendiri. Semua ini akan hilang dalam beberapa minggu pertama.

Kulit
Kulit bayi yang muncul biasanya bervariasi. Bayi yang lahir prematur akan memiliki kulit tipis, hampir transparan dan terdapat rambut berbulu halus yang disbeut lanugo. Selain itu juga terlihat vernix, yaitu cairan putih yang melindungi kulit bayi dari cairan ketuban. Semakin cepat usia kelahirannya, maka lanugo dan vernix yang muncul semakin banyak.

Jika normal, bayi dari semua ras dan etnis dilahirkan dengan kulit kemerahan-ungu yang akan berubah menjadi merah-pink dalam waktu sehari atau lebih. Warna pink berasal dari pembuluh darah merah yang terlihat akibat kulit bayi yang tipis. Setelah enam bulan, kulit bayi akan berkembang dengan warna yang tetap.

Rambut
Umumnya bayi akan kehilangan beberapa helai rambut dalam minggu atau bulan pertamanya, tapi akan tumbuh kembali meskipun mungkin tidak sama. Tekstur rambut bayi selama 6 bulan pertama sering berubah-ubah, misalnya kadang kasar, ikal dan lebat, ikal halus atau justru rambutnya tipis.

Mata
Terkadang warna mata bayi berubah-ubah dalam beberapa minggu setelah lahir, ada yang berwarna hitam, coklat atau biru tua. Tapi warna mata paling sering terlihat telah permanen setelah berusia 6-9 bulan.

Telinga
Telinga bayi mungkin akan sangat lembut dan lemas atau tidak keras, dengan salah satu ujungnya sedikit tertekuk. Setelah tulang rawan di telinga menjadi keras, maka bentuk telinganya akan terlihat lebih pasti.

Hidung
Hidung bayi mungkin akan terlihat sedikit membengkak akibat tekanan yang terjadi saat persalinan, serta terlihat pipih atau tidak teratur. Tapi kondisi ini akan kembali normal setelah beberapa hari atau minggu kelahiran.

Posted by Herlambang Anton B

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: